Saatnya Membuat Keputusan

Nah, sekarang adalah saatnya membuat keputusan setelah kita menyadari kesalahan dari kebiasaan kita maka sekaranglah saatnya yang tepat untuk membuat keputusan untuk beralih dari yang jelek ke yang baik. Membuat keputusan ini bukanlah perkara yang mudah dan juga tidak susah jadi bisa disebut susah-susah gampang lah. Sebab ini berhubungan dengan yang namanya waktu.
Waktu itu sifatnya dinamis dan cepat sekali dalam bergeraknya. Maka kita harus tepat dalam membuat keputusan. Jangan ada kata-kata, “entar aja ya kalo udah tua”, “tenang tar kalo udah saatnya gw juga bisa kok berubah” asli deh kata-kata ini sebetulnya adalah kata-kata pecundang yang merasa jago padahal dia gak ada apa-apanya. Jadi buatlah keputusan saat ini juga. Jangan ditunda-tunda lagi. Tentunya kalian masih ingatkan dengan ungkapan, “kesempatan itu tidak datang untuk yang kedua kalinya” makanya selagi ada kesempatan yang pertama maka langsung ambil keputusan untuk berubah.
Itulah yang dilakukan oleh Abu Dzar al-Ghifari ketika ia mendengar bahwa telah hadir seorang Rasul terakhir di kota Mekkah. Continue reading “Saatnya Membuat Keputusan”

Advertisements

Keutamaan Qiyaamullail

Pengertian Qiyamullail

Sholat malam atau qiyamullail merupakan salah satu sholat sunnah mu’akad yang paling diperhatikan oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah meninggalkannya, baik ketika sedang bermukim maupun ketika berpergian. Di dalam Al-Quran surah Al-Muzzammil dan Al-Muddatsir dijelaskan bahwa sholat malam merupakan kewajiban bagi rasululllah saw dan sunnah bagi ummatnya. Dan bagi yang ingin tampil sebagai reformis (mampu melakukan perubahan sosial), qiyamullail merupakan syarat ruhiyah yang utama. Adalah sulit rasanya seorang Da’i akan berhasil dalam da’wahnya tanpa membiasakan diri dengan melaksanakan qiyamul lail.

Allah swt berfirman:

Hai orang-orang yang berselimut. Bangunlah, lalu berikanlah peringatan. dan agungkanlah Tuhanmu“. (QS: Al-Muddatsir 74:1-3) Continue reading “Keutamaan Qiyaamullail”