Membangun Sikap Kritis

Setidaknya ada beberapa sikap yang harus kita jaga dalam menumbuhkan atau membangun sikap kritis pada diri kita. Beberapa sikap itu ialah:

  • Menjauhkan diri dari kejumudan berpikir serta mendorong keterbukaan intelektual. Rajinlah untuk selalu belajar dan belajar, jangan membatasi dirimu hanya dengan satu pemahaman tentang sesuatu tetapi cobalah untuk mencari referensi yang lain. Sebagai contoh apabila kita telah terbiasa shalat dengan memakai mazhab Syafi’i jangan lalu kita menafikan mazhab lain selain mazhab itu.
  • Rajinlah untuk selalu bertanya terutama mengenai sesuatu hal yang baru kamu temui. Jangan jadi pribadi yang selalu mau menurut dengan sesuatu yang baru. Apalagi jika sesuatu yang baru menawarkan iming-iming yang berlebih.
  • Untuk membangun sikap yang kritis kamu bisa juga dengan mempelajari kesuksesan seseorang atau kaum lalu coba membandingkan dengan diri kita sendiri apakah ada faktor-faktor dari kesuksesan tersebut yang ada pada diri kita, jika tidak ada maka coba untuk direnungkan kenapa seseorang itu bisa sedangkan kita tidak. Sebab, pada intinya manusia itu sama.

Sebetulnya banyak hal dan cara dalam membangun sikap yang kritis, untuk itu kamu dapat membaca buku-buku seperti, Revolusi Berpikir, karya Edward de Bonno. Atau buku-buku lain seputar pendidikan, seperti Quantum Learning yang pernah booming. Jadi, mulailah untuk menggunakan kemapuan berpikir kamu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s